MEMPERBAIKI
RETAKAN KECIL PADA KAPAL FIBERGLASS
Sebagian besar pekerjaan perbaikan yang
ditemukan pada kapal fiberglass adalah perbaikan ringan seperti keretakan.
Retak atau krasing dari gelcoat dan goresan akibat benturan adalah pekerjaan
perbaikan yang dilakukan di tempat pembuatan kapal/perahu. Bagian ini membahas
perbaikan kerusakan permukaan ringan dan retak, dan penguatan panel untuk
mengurangi penyebab retak.
Sangat mudah untuk menjelaskan goresan,
penyok dan retak yang merupakan hasil dari dampak, namun penyebab flex retak
atau krasing mungkin tidak jelas. Sebagian besar retakan yang muncul bertahap
dan menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu, dan yang paling sering ditemukan
di daerah laminasi padat. Mereka sering muncul di dekat dek, sekat untuk kurva
kabin, atau jendela. Selain perbaikan permukaan, perbaikan menyeluruh
seringkali memerlukan perbaikan struktural. Semakin lama laminasi dibiarkan
untuk flex, maka dampaknya akan lebih besar, yaitu semakin dalam retak. Celah
yang lebih dalam meluas ke laminasi, kekuatan panel berkurang. Langkah dalam
perbaikan adalah mempersiapkan daerah yang
rusak dan menetukan tingkat kerusakan adalah:
1.
Periksa
pola dan lokasi retak untuk menentukan penyebabnya. Jika pola atau lokasi
menunjukkan akibat kelenturan maka periksa sisi interior panel untuk menentukan
lokasi terbaik untuk memperkuat tambahan. Jika retak akibat benturan, memeriksa
sisi interior panel untuk menentukan apakah kerusakan meluas melalui seluruh
laminasi.
2.
Menghilangkan
kontaminan permukaan apapun seperti lilin, minyak atau jamur. Bersihkan daerah
setidaknya dua kali lebih besar dari daerah yang rusak dengan penghilang
silikon atau pelarut lain yang sesuai. Keringkan area dengan handuk kertas
bersih sebelum pelarut menguap. .
3.
Buka
keretakan untuk perbaikan. Gunakan Sekrap "V" alat berbentuk “V”) untuk
mengikis turun ke bagian awah retak.
Menggerinda daerah
yang retak berjarak dekat atau mendalam banyak dengan mesin gerinda. Ini
mungkin lebih efektif untuk menggerinda keluar seluruh area retak atau dalam
jarak dekat. Mengikis atau menggerinda sedalam yang diperlukan untuk mencapai
daerah padat atau yang tidak rusak.
Kedalaman keretakan dibedakan sesuai
kedalaman keretakan :
a.
Retakan
dangkal atau goresan yang hanya mempengaruhi lapisan gelcoat dapat diperbaiki
dengan teknik perbaikan gelcoat. Jika perlu, memperkuat laminasi untuk mengurangi
kelenturan.
b.
Retak
kecil atau goresan yang melalui alur gelcoat ke dalam lapisan mesh pertama dari
laminasi harus diperbaiki dengan epoxy.
c.
Retak
dalam yang meluas ke dalam kain tenunan dari laminasi memerlukan perbaikan
struktural sebelum mulai perbaikan gelcoat.
PERBAIKI LUBANG
KECIL PADA KAPAL FIBERGLASS
Sebuah lubang jarum dalam sebuah
kapal/perahu fiberglass adalah sebuah lubang kecil yang dapat menyebabkan
masalah besar. Jika lambung tidak kedap udara, air akan meresap dan merusak
kapal/perahu dari dalam melalui cetakan dan membusuk. Anda harus memperbaiki
setiap kebocoran dalam kapal/perahu Anda segera setelah Anda menemukan mereka.
Anda dapat menerapkan mantel gel ke lubang jarum untuk menutup itu di sana.
Meskipun hal ini dapat bekerja dengan sendirinya, menambahkan lapisan tambahan
dari fiberglass resin dapat memperkuat segel dan membantu mencegah kebocoran.
Apa yang Anda butuhkan:
1.
Mantel
gel kit
2.
Laminasi
resin
3.
Fiberglass
sheet
4.
Brush
1)
Membeli
mantel gel kit untuk perbaikan perahu Anda. Kit ini tersedia di setiap toko
peralatan kelautan. Termasuk gel utama biasanya tersedia dalam warna putih,
tetapi dapat mencakup nuansa lain jika perahu adalah warna yang berbeda.
2)
Terapkan
mantel gel ke lubang jarum. Gunakan warna mana yang paling dekat dengan warna
lambung. Cukup gunakan gel untuk kelancaran di sisi kapal saat masih sepenuhnya
menutupi lubang. Jika Anda tidak menggunakan cukup, gel dapat merembes ke
bagian dalam dan membuka kembali lubang.
3)
Melapisi
sisi kapal dengan resin laminasi yang sama digunakan untuk membangun itu
awalnya. Jika Anda tidak membangun perahu sendiri, tanyakan kepada pabrik
pembuat. Damar cukup Terapkan untuk mencakup minimal satu kaki di lubang yang
tertutup. Menutupi seluruh sisi dengan laminasi bekerja lebih baik.
4)
Tutup
sisi dilaminasi dengan fiberglass lembaran kain. Jika Anda tidak melapisi
seluruh sisi, memotong dan menggunakan potongan kecil lembaran. Potongan harus
cukup kecil itu dikelilingi oleh laminasi pada semua sisi. Pakailah sarung
tangan karet untuk menjaga agar resin dari jari-jari Anda.
5)
Tambahkan
lapisan lain laminasi fiberglass di atas lembaran Jika Anda merasa lembaran
fiberglass lain dibutuhkan, tempat itu di atas mantel resin kedua dan menambah
satu lagi mantel. Tunggu sampai resin kering setelah menerapkan mantel akhir.
PENGECATAN
KAPAL FIBERGLASS
Apakah pengecatan pada perahu berbahan
fiberglass memang mutlak diperlukan? Jawabanya adalah Ya dan harus berkualitas
yang bagus sebatas dimana pemilik perahu tersebut harus mengetahui cara
pengecatan dan biaya yang harus dikeluarkan. Akan banyak manfaat apabila hal
ini dilakukan dengan benar.
Kebanyakan perahu atau kapal laut
menggunakan lapisan gel fiber saja untuk lapisan finishingnya. Komposisi Gel
fiber ini terdiri dari bahan resin yang mengandung unsur pigmen warna yang khas
pada masing - masing produknya. Akan tetapi fungsi gel fiber ini digunakan
untuk hal tertentu saja, yaitu sebagai media untuk melepaskan fiber dari
cetakan supaya tidak lengket dan rusak pada saat pembuatan bentuk perahunya
dilakukan. Sayangnya, kebanyakan lapisan gel fiber ini sangat rentan terhadap
daya tahan sinar matahari dan berbagai faktor lingkungan lainya. Kita sering
menemukan bahwasanya lapisan finishing perahu mengalami warna yang pudar dan
mengelupas hanya dalam waktu beberapa tahun saja.
Ada beberapa bahan gel fiberglass
berkualitas yang tahan lama dan bagus yang dijual dan mampu bertahan hingga
beberapa tahun lamanya. Akan tetapi sayangnya hanya beberapa pembuat perahu
saja yang menggunakanya dikarenakan harganya yang agak mahal dibanding yang
lainya. Apabila kita menggunakan lapisan gel fiber untuk perahu yang
berkualitas bagus mungkin bisa bertahan hingga puluhan tahun lamanya dan bahkan
kita dapat menggunakan compound dan memolesnya. Akan tetapi apabila anda sudah
menggunakan wax poles dan ternyata pada beberapa bulan saja sudah kusam lagi,
mungkin lapisan gel fiber tersebut menggunakan bahan yang jelek yang tidak
dapat mengkilap lama.
Untuk lapisan perahu yang menggunakan gel
fiber yang berkualitas sedang atau jelek akan mulai beroksidasi dan mengalami
keretakan lebih cepat, dengan cara mengecat lapisan fiber perahu merupakan
solusinya yang praktis. Sayangnya, mengecat adalah mahal harganya, akan tetapi
apabila dilakukan pengecatan dengan benar maka akan menghasilkan lapisan
finishing yang bagus dan akan tahan lama hingga beberapa puluh tahun lamanya.
Kenyataanya hanya dengan melakukan pembersihan dan waxing, hasil pengecatan
perahu/kapal laut bisa tahan lama menggunakan cat Cat Jenis Urethane Untuk
Perahu/kapal Laut sanggup bertahan hingga 15 tahun atau lebih.
No comments:
Post a Comment