Saturday, January 5, 2019

PERAWATAN FIBERGLASS


MEMPERBAIKI RETAKAN KECIL PADA KAPAL FIBERGLASS

Sebagian besar pekerjaan perbaikan yang ditemukan pada kapal fiberglass adalah perbaikan ringan seperti keretakan. Retak atau krasing dari gelcoat dan goresan akibat benturan adalah pekerjaan perbaikan yang dilakukan di tempat pembuatan kapal/perahu. Bagian ini membahas perbaikan kerusakan permukaan ringan dan retak, dan penguatan panel untuk mengurangi penyebab retak.

Sangat mudah untuk menjelaskan goresan, penyok dan retak yang merupakan hasil dari dampak, namun penyebab flex retak atau krasing mungkin tidak jelas. Sebagian besar retakan yang muncul bertahap dan menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu, dan yang paling sering ditemukan di daerah laminasi padat. Mereka sering muncul di dekat dek, sekat untuk kurva kabin, atau jendela. Selain perbaikan permukaan, perbaikan menyeluruh seringkali memerlukan perbaikan struktural. Semakin lama laminasi dibiarkan untuk flex, maka dampaknya akan lebih besar, yaitu semakin dalam retak. Celah yang lebih dalam meluas ke laminasi, kekuatan panel berkurang. Langkah dalam perbaikan adalah mempersiapkan daerah  yang rusak dan menetukan tingkat kerusakan adalah:     
1.      Periksa pola dan lokasi retak untuk menentukan penyebabnya. Jika pola atau lokasi menunjukkan akibat kelenturan maka periksa sisi interior panel untuk menentukan lokasi terbaik untuk memperkuat tambahan. Jika retak akibat benturan, memeriksa sisi interior panel untuk menentukan apakah kerusakan meluas melalui seluruh laminasi.
2.      Menghilangkan kontaminan permukaan apapun seperti lilin, minyak atau jamur. Bersihkan daerah setidaknya dua kali lebih besar dari daerah yang rusak dengan penghilang silikon atau pelarut lain yang sesuai. Keringkan area dengan handuk kertas bersih sebelum pelarut menguap.     .


3.      Buka keretakan untuk perbaikan. Gunakan Sekrap "V" alat berbentuk “V”) untuk mengikis turun ke bagian awah retak.


Menggerinda daerah yang retak berjarak dekat atau mendalam banyak dengan mesin gerinda. Ini mungkin lebih efektif untuk menggerinda keluar seluruh area retak atau dalam jarak dekat. Mengikis atau menggerinda sedalam yang diperlukan untuk mencapai daerah padat atau yang tidak rusak.


Kedalaman keretakan dibedakan sesuai kedalaman keretakan :
a.         Retakan dangkal atau goresan yang hanya mempengaruhi lapisan gelcoat dapat diperbaiki dengan teknik perbaikan gelcoat. Jika perlu, memperkuat laminasi untuk mengurangi kelenturan.
b.         Retak kecil atau goresan yang melalui alur gelcoat ke dalam lapisan mesh pertama dari laminasi harus diperbaiki dengan epoxy.
c.         Retak dalam yang meluas ke dalam kain tenunan dari laminasi memerlukan perbaikan struktural sebelum mulai perbaikan gelcoat. 

PERBAIKI LUBANG KECIL PADA KAPAL FIBERGLASS

Sebuah lubang jarum dalam sebuah kapal/perahu fiberglass adalah sebuah lubang kecil yang dapat menyebabkan masalah besar. Jika lambung tidak kedap udara, air akan meresap dan merusak kapal/perahu dari dalam melalui cetakan dan membusuk. Anda harus memperbaiki setiap kebocoran dalam kapal/perahu Anda segera setelah Anda menemukan mereka. Anda dapat menerapkan mantel gel ke lubang jarum untuk menutup itu di sana. Meskipun hal ini dapat bekerja dengan sendirinya, menambahkan lapisan tambahan dari fiberglass resin dapat memperkuat segel dan membantu mencegah kebocoran.

Apa yang Anda butuhkan:
1.         Mantel gel kit
2.         Laminasi resin
3.         Fiberglass sheet
4.         Brush

1)      Membeli mantel gel kit untuk perbaikan perahu Anda. Kit ini tersedia di setiap toko peralatan kelautan. Termasuk gel utama biasanya tersedia dalam warna putih, tetapi dapat mencakup nuansa lain jika perahu adalah warna yang berbeda.
2)      Terapkan mantel gel ke lubang jarum. Gunakan warna mana yang paling dekat dengan warna lambung. Cukup gunakan gel untuk kelancaran di sisi kapal saat masih sepenuhnya menutupi lubang. Jika Anda tidak menggunakan cukup, gel dapat merembes ke bagian dalam dan membuka kembali lubang.
3)      Melapisi sisi kapal dengan resin laminasi yang sama digunakan untuk membangun itu awalnya. Jika Anda tidak membangun perahu sendiri, tanyakan kepada pabrik pembuat. Damar cukup Terapkan untuk mencakup minimal satu kaki di lubang yang tertutup. Menutupi seluruh sisi dengan laminasi bekerja lebih baik.
4)      Tutup sisi dilaminasi dengan fiberglass lembaran kain. Jika Anda tidak melapisi seluruh sisi, memotong dan menggunakan potongan kecil lembaran. Potongan harus cukup kecil itu dikelilingi oleh laminasi pada semua sisi. Pakailah sarung tangan karet untuk menjaga agar resin dari jari-jari Anda.
5)      Tambahkan lapisan lain laminasi fiberglass di atas lembaran Jika Anda merasa lembaran fiberglass lain dibutuhkan, tempat itu di atas mantel resin kedua dan menambah satu lagi mantel. Tunggu sampai resin kering setelah menerapkan mantel akhir.

PENGECATAN KAPAL FIBERGLASS

Apakah pengecatan pada perahu berbahan fiberglass memang mutlak diperlukan? Jawabanya adalah Ya dan harus berkualitas yang bagus sebatas dimana pemilik perahu tersebut harus mengetahui cara pengecatan dan biaya yang harus dikeluarkan. Akan banyak manfaat apabila hal ini dilakukan dengan benar.

Kebanyakan perahu atau kapal laut menggunakan lapisan gel fiber saja untuk lapisan finishingnya. Komposisi Gel fiber ini terdiri dari bahan resin yang mengandung unsur pigmen warna yang khas pada masing - masing produknya. Akan tetapi fungsi gel fiber ini digunakan untuk hal tertentu saja, yaitu sebagai media untuk melepaskan fiber dari cetakan supaya tidak lengket dan rusak pada saat pembuatan bentuk perahunya dilakukan. Sayangnya, kebanyakan lapisan gel fiber ini sangat rentan terhadap daya tahan sinar matahari dan berbagai faktor lingkungan lainya. Kita sering menemukan bahwasanya lapisan finishing perahu mengalami warna yang pudar dan mengelupas hanya dalam waktu beberapa tahun saja.

Ada beberapa bahan gel fiberglass berkualitas yang tahan lama dan bagus yang dijual dan mampu bertahan hingga beberapa tahun lamanya. Akan tetapi sayangnya hanya beberapa pembuat perahu saja yang menggunakanya dikarenakan harganya yang agak mahal dibanding yang lainya. Apabila kita menggunakan lapisan gel fiber untuk perahu yang berkualitas bagus mungkin bisa bertahan hingga puluhan tahun lamanya dan bahkan kita dapat menggunakan compound dan memolesnya. Akan tetapi apabila anda sudah menggunakan wax poles dan ternyata pada beberapa bulan saja sudah kusam lagi, mungkin lapisan gel fiber tersebut menggunakan bahan yang jelek yang tidak dapat mengkilap lama.

Untuk lapisan perahu yang menggunakan gel fiber yang berkualitas sedang atau jelek akan mulai beroksidasi dan mengalami keretakan lebih cepat, dengan cara mengecat lapisan fiber perahu merupakan solusinya yang praktis. Sayangnya, mengecat adalah mahal harganya, akan tetapi apabila dilakukan pengecatan dengan benar maka akan menghasilkan lapisan finishing yang bagus dan akan tahan lama hingga beberapa puluh tahun lamanya. Kenyataanya hanya dengan melakukan pembersihan dan waxing, hasil pengecatan perahu/kapal laut bisa tahan lama menggunakan cat Cat Jenis Urethane Untuk Perahu/kapal Laut sanggup bertahan hingga 15 tahun atau lebih.

No comments:

Post a Comment